Rahasia Keutamaan Puasa Senin Kamis

Selasa, 04 November 2014

print this page
send email
(Berpuasalah). Puasa Senin Kamis adalah salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah, karena keutamaannya yang luar biasa. Banyak nilai-nilai yang terkandung dari disunnahkannya puasa pada hari Senin dan Kamis ini.  Jika puasa secara umum memiliki manfaat yang demikian besar, sebagaimana telah diungkapkan banyak ahli, maka pada puasa pada hari Senin dan Kamis ini Rasulullah biasa melakukannya karena memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah Saw pernah ditanya tentang puasa Senin Kamis, beliau menjawab, “Amal hamba dihamparkan pada hari Senin dan Kamis. Aku ingin amalku dihamparkan sementara aku dalam kondisi puasa”. (HR Abu Daud).

Rahasia Keutamaan Puasa Senin Kamis
Keutamaan Puasa Senin Kamis
Rahasia dan keutamaan dari puasa Senin Kamis ini sebagai berikut:

1. Hari ketika amal para hamba Allah diperiksa.
Dalam sebuah hadis yang disampaikan oleh Abu Hurairah, “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR Tirmidzi).

2. Hari dibukanya pintu-pintu surga
Allah membukakan pintu-pintu surga untuk hambaNya pada hari Senin dan Kamis. Pada saat pintu surga dibukakan, di situlah kita selalu berharap kepada Allah untuk diampuni segala dosa dan kesalahan. “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang di antaranya dan saudaranya terdapat permusuhan. Kemudian dikatakan,’ lihatlah kedua orang ini hingga keduanya berdamai.” (HR Al Khatib, Muslim, Abu Daud, Nasa’i, At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban).

3. Membantu menyehatkan tubuh
Melalui puasa rutin Senin Kamis, yang rata-rata dilakukan 13-14 jam, dianggap sebagai metode yang paling tepat bagi sistem pembuangan sel-sel atau hormon yang rusak. Puasa Senin Kamis menjadi sarana dalam menurunkan kadar gula dalam darah hingga mencapai kadar yang seimbang. Sesungguhnya puasa memberikan kesempatan kelenjar pankreas untuk istirahat. Pankreas akan mengeluarkan insulin yang menetralkan gula menjadi zat tepung dan lemak.

4. Meningkatkan semangat belajar dan bekerja
Nilai positif lainnya dengan berpuasa Senin-Kamis akan meningkatkan etos kerja seseorang, asalkan dilakukan sesuai dengan petunjuk dan sunnah Rasulullah Saw. Pengaruh puasa pada sel-sel tubuh manusia, apa yang terjadi pada sel-sel otak dan sel-sel tubuh lainnya. Bagi tubuh orang yang sedang puasa akan memberikan pengaruh yang positif terhadap kesehatan, di antaranya tubuh bersih dari sisa-sisa dan kelebihan zat tubuh dan sel. Sel-sel yang rusak atau lemah dan bagian tubuh yang sakit, selanjutnya memberi kesempatan kepada peremajaan sel-sel sehingga lebih aktif.

Sekian uraian tentang Rahasia Keutamaan Puasa Senin Kamis, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar